Tentang Hal Berjuang


Sesungguhnya aku adalah orang yang akan berjuang hingga akhir. Namun, bila seseorang yang bersamaku berjuang meminta kepadaku untuk beristirahat, maka aku akan memberikannya. Pun jika dia meminta untuk berhenti, maka aku pun akan melakukannya.

Bagiku tidaklah sulit melepaskan dan mengikhlaskan, karna aku tahu bagaimana rasanya terkekang, dan aku telah belajar dari berbagai hal yang telah aku lewati bahwa tidak baik memaksakan sesuatu yang kau kehendaki kepada seseorang yang tidak menghendakinya.

Dalam hal itu aku bukanlah orang yang sulit untuk diajak berkompromi, mungkin terlihat aneh. Tapi begitulah caraku.

Lalu muncullah pertanyaan "Mengapa kau tidak melanjutkan perjuangan itu sendiri, bukankah kau 'pejuang sampai akhir'? Kau tahukan tidak ada perjuangan yang sia-sia."

Dan jawabanku adalah.. Aku bukannya tidak ingin berjuang, tapi ketahuilah tidak semua hal harus ku perjuangkan, akupun tahu tidak ada perjuangan yang sia-sia. Namun kau harus tahu bahwa berjuang sendiri itu tidaklah mudah, aku pernah melakukannya dan itupun berujung pada kesia-siaan yang sangat menguras tenaga dan waktu yang ada.

Jujur saja sebenarnya akupun ingin merasakan bagaimana rasanya berjuang bersama-sama tapi mungkin ini belum saatnya karna setiap kita memiliki momentum-momentumnya tersendiri. Terkadang ada hal yang bisa kau perjuangkan sendiri dan ada hal yang harus kau perjuangkan bersama. Dan percayalah selain hal itu, didepan sana banyak hal yang bisa kau perjuangkan meskipun sendiri.

Sejauh ini aku telah banyak dan terbiasa melakukan segala sesuatu sendiri dan aku merasa baik-baik saja, aku bisa menjalaninya dengan damai dan sukacita.

Dan beberapa kalimat penutup dariku adalah jangan membuang-buang waktumu untuk sesuatu yg tak pasti kemana ujungnya. Jangan terpaku pada satu hal saja, karna banyak hal didepan sana yang menantimu entah apapun itu.

Lakukan hal yang memang bisa kau lakukan sendiri, namun jika ada hal yang harus dilakukan bersama maka percayalah suatu saat akan ada orang yg akan benar-benar mau melakukannya bersamamu.

Ikhlaskan segala sesuatu yang jika memang itu harus diikhlaskan, namun yang perlu kau ingat adalah jika keikhlasan mu belum sampai pada tahap yg aku lakukan lebih baik jangan pernah berani mencoba karna sakit yang akan kau rasakan nanti, itu kau sndri yang menanggungnya, akupun tidak bisa bertanggung jawab atas hal itu. Tidak ada salahnya jika ingin berjuang meskipun seorang diri. Dan aku sangat mengapresiasi orang-orang seperti itu.

Untuk rekan-rekan yang telah mau membaca ini aku sangat berterimakasih, mungkin dalam hal ini aku tidak memberi solusi atas masalah yang kalian alami, tetapi disini niat ku hanya ingin berbagi apa yang menjadi isi dari pikiran ku selama ini.

Aku tahu, tidak semua orang sepaham dengan ku. Mungkin ada yang setuju ataupun tidak setuju dengan apa yang aku tulis disini, tapi marilah kita bersama-sama saling bijak dan saling menghargai dalam meresponi apa yang menjadi isi pikiran dari orang lain.

Dan teruntuk rekan-rekan diluar sana yang saat ini sedang berjuang terkhususnya jika kalian memperjuangkan sesuatu yang seharusnya diperjuangkan bersama tetapi kau berani mengambil langkah gila melakukannya seorang diri, aku ucapkan selamat.. Karna kau adalah orang yang luar biasa, bagiku..aku belum sampai pada tahap itu. Dan kelak jika kita bertemu mari saling berbagi, aku akan belajar dari mu, pun sebaliknya jika kau ingin kau bisa belajar dariku.

Yang terakhir adalah selamat berjuang rekan-rekan, harapanku adalah semoga segala perjuangan mu berakhir dengan manis.

 -Friskasinta-

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Narrative Text

INVITATION

Appointment